Jumat, 13 September 2013

6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil



Membeli mobil adalah impian setiap orang ketika mereka sudah mulai tercukupinya kebutuhan primernya. Selain sebagai sarana transportasi mobil juga secara tak langsung menunjukkan status sosial bahwa yang sudah memiliki mobil adalah orang yang sukses. Maka dari itu biasanya banyak orang yang ingin membeli mobil agar bisa dianggap sukses. Padahal ketika membeli mobil tanpa persiapan finansial setelahnya bisa jadi bencana.


Untuk itu, jika Anda ingin segera memiliki mobil maka sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak mengganggu kondisi keuangan keluarga Anda setelah memiliki mobil. Menurut Rini Sutikno selaku pakar perencanaan keuangan dari Mitra Rencana Edukasi, menyebutkan bahwa setidaknya ada 6 hal yang sangat perlu dipertimbangkan sebelum membeli sebuah mobil untuk keluarga.

6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil


1. Membeli mobil untuk kebutuhan
Ketika Anda membeli mobil sebaiknya pertimbangkan apakah 5-6 tahun kedepan Anda benar-benar perlu membeli mobil untuk mendukung aktifitas Anda dan keluarga. Apakah menunjang untuk kegiatan bisnis, atau hanya untuk aktivitas pribadi, hanya untuk sekedar punya dan meningkatkan status sosial.

Pilihlah mobil city car, jika Anda belum ingin menikah dalam waktu dekat. Namun jika Anda akan menikah atau sudah menikah maka Anda sebaiknya membeli mobil yang cocok untuk keluarga. Bila Anda beli mobil untuk bisnis saja, misal rental, maka pilih yang hemat bahan bakar dan awet.

2. Dana siaga sangat diperlukan jika beli tunai.
Membeli mobil dengan tunai akan sangat menguras dana segar Anda yang siap pakai. Maka sebelum membeli mobil secara tunai, maka pertimbangkan apakah Anda ada sisa uang untuk mencukupi minimal 6-12 bulan.

Jika Anda ingin kredit mobil, maka sebaiknya Anda mengetahui syarat-syarat kredit mobil agar Anda tidak kebingungan ketika melakukan pembelian kredit. Pilih angsuran yang sesuai dengan pendapatan Anda perbulannya. Jangan sampai memaksakan diri untuk segera melunasi kredit, kalau memang dana belum terkumpul. Karena ketika kondisi keuangan kritis, maka yang terjadi adalah berimbas ke kondisi lainnya, seperti telat bayar SPP sekolah anak.

3. 30 persen yang menentukan.
Jika Anda belum berkeluarga, saat Anda membeli mobil baru dengan cara kredit, pastikan beban utang untuk membeli mobil harus 30 persen dari pendapatan bulanan Anda. Dan jika Anda ada cicilan lain seperti kredit rumah, maka Anda harus memilih salah satu kredit dan selesaikan.

Jika Anda sudah berkeluarga, maka beban utang bisa dibagi berdua dengan istri agar kreditnya terlunasi bersama-sama.

4. Maksimum 3 tahun
Kredit mobil yang sehat adalah maksimum 3 tahun waktu pelunasannya. Namun jika memang ada dana segar, lebih baik Anda segera melunasinya. Karena membeli mobil dengan cara kredit itu sama halnya dengan beban hutang.

5. Biaya tambahan
Ini yang kadang sering dilupakan ketika ada orang yang akan membeli mobil pertamanya. Yaitu, mereka tidak memperkirakan biaya tambahan selain harga mobil itu sendiri. Mereka melupakan biaya untuk mengurus STNK, BPKB, service berkala, pembayaran pajak progresif serta biaya untuk pembelian bahan bakar tiap harinya.

Jadi pastikan dulu, ketika Anda ingin membeli mobil, Anda harus mempersiapkan dana untuk membeli mobilnya dan biaya tambahannya agar tidak terguncang perekonomian keluarga Anda.

6. Purna jual
Mobil itu setiap tahun selalu muncul yang baru. Mobilpun ada masa pakai yang sekiranya masih nyaman untuk dipakai. Biasanya setelah 4-5 tahun sudah saatnya untuk mengganti mobil yang baru. Jadi pastikan ketika Anda mau menjual mobil Anda, harga jualnya masih layak. Sehingga akan menjadi dana segar untuk biaya tambahan membeli mobil baru atau dana untuk kebutuhan mendadak yang sangat mendesak.

Dengan membaca ulasan diatas diharapkan Anda lebih siap ketika ingin membeli mobil pertama Anda. Jika Anda berdomisili di Jabodetabek dan ingin membeli mobil keluaran Toyota, hubungi  saja  Dito 081366806029 / 021-80233129 Sales Resmi Auto2000 Radio Dalam Jakarta

Mobil Toyota yang masih ramai dipasaran adalah Avanza veloz, innova, Fortuner dan Toyota Agya yang baru saja diluncurkan tanggal 9 September 2013 lalu.

Selamat membeli mobil pertama Anda dan Kami siap membantu mewujudkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar