Rabu, 18 September 2013

Sudahkah Anda Memilih Kredit Mobil Yang Tepat?

Memilih Kredit Mobil Yang Tepat

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar Anda memilih kredit mobil yang tepat. Dengan membaca artikel ini sampai tuntas, Anda akan mengetahui cara memilih kredit mobil yang sesuai dan tepat untuk Anda. . .


Kredit mobil - Lebih bagus mana antara membeli mobil dengan kredit atau membelinya dengan kontan? Semua itu tentunya tergantung kondisi keuangan Anda dan keyakinan Anda. Ketika kebutuhan Anda setiap bulannya sangat banyak dan hampir menghabiskan uang pendapatan Anda dan Anda hanya memiliki simpanan dana untuk membayar DP mobil, maka kredit mobil adalah pilihan yang tepat. Namun jika Anda ingin memiliki mobil sepenuhnya hak milik Anda dan Anda mempunyai dana untuk membeli mobil secara kontan itu akan sangat lebih baik lagi untuk membeli mobilnya dengan kontan.


Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil dengan kredit, sudahkah Anda memilih kredit mobil yang tepat? seperti apakah kredit mobil yang tepat itu. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar Anda memilih kredit mobil yang tepat. Dengan membaca artikel ini sampai tuntas, Anda akan mengetahui cara memilih kredit mobil yang sesuai dan tepat untuk Anda. Dan tak lupa perhatikan pula syarat kredit mobil agar tak bolak balik mengurus berkas-berkasnya.

Cara Memilih Kredit Mobil Yang Tepat


1. Pemilihan sarana kredit
Ada 2 macam lembaga yang siap menyediakan sarana perkreditan mobil, yaitu perbankan dan lembaga pembiayaan. Kredit mobil melalui perbankan akan sangat lebih hati-hati dalam mengucurkan dana untuk kredit mobil bagi seseorang yang ingin membeli mobil secara kredit. Walaupun sangat hati-hati, akhir-akhir ini perbankan sudah membuka penawaran kredit mobil yang sangat mudah. Untuk lembaga pembiayaan, dana dikucurkan melalui payment agent yang biasanya terkait langsung dengan perusahaan otomotif, yang sebagai agen tunggal atau pemegang merk atau dealernya langsung.

2. Jenis mobil yang ingin dibeli
Pilihlah mobil yang benar-benar Anda butuhkan baik dari segi manfaat atau kebutuhan yang memang diperlukan setiap harinya untuk menunjang aktifitas Anda. Jangan memilih mobil berdasarkan gengsi yang dikemudian hari akan membebani perekonomian keluarga Anda. Jika Anda ingin kredit mobil baru seperti Toyota Agya yang baru saja di launcing, Anda bisa datang langsung ke dealer resmi. Namun jika Anda ingin kredit mobil bekas, Anda bisa datang ke bursa mobil terdekat. Pemilihan kredit mobil bekas harus lebih hati-hati agar tidak menyesal dalam membeli mobilnya. Butuh skil untuk mengecek kondisi mesin, kondisi interior, spare part, dan yang terutama adalah kondisi eksterior yang kadang baru ketahuan kelihatan lecet setelah beberapa hari dipakai.

3. Perhatikan Down Payment/uang muka
Ketika Anda ingin membeli mobil dengan kredit, selalu perhatikan down payment atau DP-nya. Semakin besar Anda memberikan DP berarti Anda serius untuk membeli mobil, hal ini dapat memudahkan Anda dalam mengambil kredit mobil via perbankan karena dianggap serius oleh pihak bank.

4. Perhatikan Angsuran bulanannya
Dalam memilih angsuran kredit mobil sebaiknya Anda mengeluarkan biaya tidak lebih dari 30 persen pendapatan keluarga Anda. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga Anda dalam memilih angsuran dan lamanya melakukan kredit. Jangan sampai ditengah jalan, kondisi keuangan Anda tidak bisa menutupi angsuran kredit mobil, sehingga jika sampai batas tertentu, mobil Anda akan ditarik kembali oleh dealer/perbankan. 


Pemilihan pembiayaan kredit mobil yang tepat membuat perekonomian kelauarga tetap stabil dan Andapun bisa menikmati mobil baru Anda tanpa terlalu memusingkan pembiayaan kreditnya. Jangan lupa setalah membeli mobil baru, pilihlah asuransi mobil yang terbaik untuk kebutuhan mobil Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar