Jumat, 02 Agustus 2013

Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran

Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran

Mudik Lebaran


Bahaya jika keuangan rumah tangga tidak diatur pengeluarannya berkenaan dengan mudik lebaran. Jika tak diatur dengan cermat dan teliti, bisa-bisa pengeluaran membengkak dan kondisi keuangan tak sampai gajian bulan depan. Mengingat setiap lebaran tiba, semua biaya menjadi naik, mulai dari tiket perjalanan kendaraan umum, sampai kebutuhan lainnya yang tidak berkaitan dengan mudik lebaran juga ikut naik, seperti harga sembako dan pakaian busana muslim.


Secara sederhana, tabungan atau simpanan dana keluarga harus dibagi 3, yaitu biaya perjalanan mudik lebaran, biaya saat mudik lebaran dan biaya paska mudik lebaran. Sebaiknya penanggung jawab setiap post, dipegang oleh orang yang berbeda. Untuk biaya perjalanan mudik bisa dipegang oleh Ayah, dan biaya saat mudik lebaran dipegang oleh ibu, dan setelah/paska lebaran bisa disimpan/ditabung di bank. Hal ini agar si penanggung jawab bisa konsentrasi terhadap postnya masing-masing. Untuk anggaran transportasi, uang lebaran untuk keluarga di kampung, rekreasi termasuk makan diluar dan biaya tak terduga lainnya, sebaiknya minimal 10% dari total anggaran yang akan diajukan.

6 Tips Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran

1. Anggaran biaya untuk mudik lebaran, sebaiknya tidak menggunakan gaji bulanan. Gunakan dana dari THR dan tabungan dana yang dikumpulkan untuk mudik lebaran.

2. Pertimbangkan transportasi yang akan digunakan untuk mudik lebaran jauh-jauh hari, agar bisa memperkirakan biaya yang akan keluar untuk membeli tiket perjalanan mudik. Akan lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga yang bisa jauh lebih murah biayanya dibanding transportasi umum.

3. Bawalah uang cash secukupnya, perkirakan cukup untuk keutuhan perjalanan mudik dan balik lebaran serta saat di kampung nanti.

4. Saat perjalanan mudik, simpanlah uang tunai tidak di satu tempat saja, pisahkan menjadi beberapa post yang disimpan di tempat yg berbeda, bisa di dalam tas, disaku celana, di dompet, dimasukkan di tas anak, dll.

5. Tetap bawa kartu ATM, kartu debet, kartu kredit, jika Anda takut memawa uang banyak. Selain itu kartu-kartu ini akan digunakan jika ada kebutuhan mendadak yang butuh uang banyak.

6. Jika membawa kendaraan pribadi sebelum perjalanan mudik lebaran, lakukanlah pengecekan kendaraan Anda dengan membawanya ke tempat servise terdekat. Hal ini bertujuan agar kendaraan tidak mogok atau terjadi kerusakan lain di jalan raya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar